Kamis, 25 Februari 2016 15:09 WIB

Demo di DPRD DKI Jakarta, Nelayan Tolak Raperda RZWP3K dan RTR

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Nelayan tradisional dan Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta berencana melakukan aksi demo di DPRD DKI Jakarta, Kamis (25/2/2016) siang.

Mereka menolak pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dan Rencana Tata Ruang (RTR) oleh legislatif dan eksekutif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kami akan aksi bersama kawan-kawan yang lain. Karena hujan jadi ditunda, menunggu reda,” ujar Kepala Pengembangan Hukum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Martin Hadiwinata, saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (25/02).

Menurut Martin, aksi penolakan tersebut bertepatan dengan agenda rapat paripurna pengesahan Raperda RZWP3K dan RTR oleh DPRD DKI. Ia juga tetap melakukan aksi tersebut meski rapat paripurna DPRD DKI Jakarta dikabarkan ditunda, Selasa (01/03) mendatang.

“Kami tetap aksi, masih menunggu teman-teman yang lain datang. Akan ada sekitar 10 mobil,” kata Martin.

Dia menambahkan, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, harus memperhatikan nasib nelayan yang sudah lama menghuni di Jakarta Utara. Mereka menolak untuk direlokasi ke Kepulauan Seribu yang jauh dari mata pencaharian untuk mencari ikan.

“Pemerintah berjanji membuat poros maritim, tetapi nelayan direlokasi ke tempat bukan pelabuhan,” kata dia.(exe/ist)
0 Komentar