Senin, 29 Februari 2016 13:26 WIB

Prajurut TNI di Kodim 0803/Madiun Jalani Tes Urine

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Puluhan prajurit TNI di jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0803/Madiun menjalani tes urine, Senin (29/2/2016).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan, bertujuan mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan TNI dan keluarganya. Disisi lain, kegiatan ini juga menindaklanjuti instruksi dari panglima TNI tentang pemeriksaan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Komandan Kodim 0803/Madiun, Letnan Kolonel Infantri Rachman Fikri, mengatakan jika tes urine diikuti 50 anggota TNI yang diambil secara acak. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui sekaligus mengantisipasi ada tidaknya keterlibatan anggota TNI dalam penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, pengamanan di internal TNI dinilai penting, sehingga diharapkan prajurit TNI tidak terlibat dan terpengaruh narkoba.


Ditambahkan Rachman Fikri, jika diketemukan ada anggotanya yang terlibat narkoba, baik sebagai pengedar, pemasok, maupun pengguna secara tegas yang bersangkutan akan diberhentikan dari statusnya sebagai prajurit TNI.


"Jangan sampai mereka terpengaruh dalam bentuk apapun. Ancaman hukumannya sangat berat, berhenti jadi tentara. Jelas dipecat, tidak ada tawar menawar," ungkapnya kepada Radio Republik Indonesia, Senin (29/2/2016).


Dalam pemeriksaan urine yang dilakukan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) tersebut, lanjut Fikri, hasilnya negatif atau tidak ada indikasi gejala penyalahgunaan narkoba. Pihaknya menghimbau seluruh prajurit TNI melaksanakan tugasnya guna mengabdikan diri kepada bangsa dan negara,


Sebelum melakukan pemeriksaan urine, seluruh jajaran anggota Kodim 0803/Madiun, terlebih dulu mendapat sosialisasi dari Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Madiun Kota, AKP Sigit Siswadi. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Makodim, diikuti 300 prajurit TNI dan Persatuan Istri Tentara (Persit).(exe)

0 Komentar