Kamis, 03 Maret 2016 21:07 WIB

AS Akan Gelar Latgab di Perairan Filipina

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Militer Amerika Serikat (AS) menyatakan akan menggelar latihan Angkatan Laut gabungan (Latgab) dengan India dan Jepang di perairan Filipina utara yang berdekatan dengan Laut China Selatan.

Keputusan ini semakin meningkatkan ketegangan dengan China. Pasalnya, pengumuman ini datang setelah AS memperingatkan China akan konsekuensi terhadap militerisasi di Laut China Selatan.

Kepala Komando AS di Pasifik, Laksamana Harry B Harris mengatakan, latihan Angkatan Laut akan diselenggarakan di Laut Filipina utara dan Jepang akan mengambil bagian. “Kebebasan di laut adalah hak dasar dari semua bangsa,” katanya dalam konferensi keamanan di New Delhi dikutip dari Reuters, Kamis (03/03/2016).

“Sementara beberapa negara berusaha untuk menggertak negara-negara yang lebih kecil melalui intimidasi dan pemaksaan, saya kagum dengan India sebagai sebuah contoh resolusi damai dengan tetangganya terkait sengketa di perairan Samudera Hindia,” katanya lagi.

Harris mengatakan Amerika Serikat ingin memperluas latihan Angkatan Kaut itu diadakan dengan India setiap tahun dalam operasi gabungan di seluruh Asia-Pasifik, yang bisa menarik India langsung ke baris di Laut Cina Selatan.

Ketegangan di Laut Cina Selatan telah meningkat baru-baru ini, dimana AS dan sejumlah negara lain memprotes reklamasi yang dilakukan oleh Beijing. Proyek reklamasi itu dibarengi dengan penyebaran sejumlah instalasi militer seperti sistem pertahan rudal canggih dan jet tempur di Kepulauan Paracel.(exe/ist)
0 Komentar