Jumat, 04 Maret 2016 14:38 WIB

Ini 12 Provinsi yang Dilintasi Gerhana Matahari Total

Editor : RB Siregar
Laporan: Dafa RS

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gerhana matahari total 9 Maret mendatang merupakan fenomena alam paling mengesankan di bumi. Sebagian besar pasifik meliputi Indonesia, Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya, maupun benua Australia, bisa menyaksikan gerhana tersebut.

Di Timur Samudra Pasifik, gerhana total  berlangsung selama 4 detik. Itulah sebabnya, gerhana semacam ini tak hanya ditunggu-tunggu ilmuan tetapi juga masyarakat di seluruh dunia. Mengapa?

Gerhana matahari total yang diperkirakan berlangsung selama 1,5 menit hingga 3 menit itu, tak berlangsung setahun sekali atau belasan tahun. Tapi bisa terlihat ratusan tahun yang akan datang.

Itulah sebabnya, banyak orang yang sudah menyiapkan diri untuk menyaksikan fenomena alam pada 9 Maret 2016. Menurut data,  gerhana terlama terjadi di  Samudra Pasifik di utara Papua Nugini, yakni  4 menit 9 detik.  Hal  istimewa lainnya,  gerhana matahari akan datang bersamaan dengan perayaan Hari Raya Nyepi.

LINTASAN GERHANA

Menurut data, ada  12 provinsi di Tanah Air  yang  dilalui  gerhana meliputi; Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung.  Semua provinsi di Kalimantan, kecuali Kalimantan Utara, bisa menyaksikan gerhana matahari total itu.

Provinsi lainnya yang bisa menyaksikan fenomena alam, yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.  Tetapi, di luar provinsi  disebut di atas hanya terlihat  gerhana matahari sebagian saja.

Jadi, bagi provinsi yang dilintasi gerhana matahari total, jangan lewatkan fenomena alam yang sangat langka tersebut.(i)
0 Komentar