Selasa, 08 Maret 2016 16:38 WIB

Unjuk Rasa KASBI Tuntut Hak Cuti dan Hamil

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Selain kelompok Solidaritas Perempuan, ribuan perempuan dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) juga melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, yang jatuh pada hari ini, Selasa (8/3/2016) siang. Mereka berunjuk rasa memadati sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Departemen Pengembangan Organisasi KASBI, Suharti, kaum perempuan khususnya buruh masih belum terbebas dari segala penindasan.

"Permasalahan yang dihadapi buruh perempuan seperti undang-undang ketenagakerjaan yang masih diskriminatif, upah rendah, pelecehan seksual, cuti haid maupun cuti hamil yang tidak diberikan dengan layak, dan kekerasan verbal," tegas Suharti, usai berorasi di Jalan Merdeka Barat, Selasa (8/3/2016).

Suharti menjelaskan, masih banyak buruh imigran Indonesia yang mengalami kekerasan di luar negeri. Sehingga, melalui aksi ini agar kaum perempuan dapat merebut hak-haknya kembali yang telah dirampas oleh para penguasa dan penindas.

"Apa yang dialami oleh perempuan yang bekerja jadi buruh migran jauh lebih parah, di mana mereka kerap tidak mendapat hak-haknya dari majikan, mengalami penyiksaan, dan pemerkosaan," pungkas Suharti.
0 Komentar