Kamis, 10 Maret 2016 09:51 WIB

Ahok Berpeluang Maju ke Pilgub DKI Lewat Parpol

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mencalonkan kembali pada Pilgub DKI 2017 masih memiliki kemungkinan maju melalui jalur partai politik (parpol). Sebelumnya, Ahok menyatakan akan maju di Pilgub DKI 2017 melalui jalur independen bersama Heru Budi Hartono.

"Yang diputuskan oleh Ahok hanya satu, menyertakan nama Heru sebagai nama calon wakil di formulir pengumpulan KTP yang dikumpulkan Teman Ahok. Karena memang tidak ada waktu lagi, sementara nama Djarot belum bisa disertakan karena belum ada izin dari PDIP," jelas pengamat politik Yunarto Wijaya, Kamis (10/3/2016) pagi.

Yunarto memandang pernyataan-pernyataan Ahok selama ini masih bersayap. Mantan Bupati Belitung Timur itu memang mengatakan akan membiarkan Teman Ahok bekerja sampai bulan Juni. Bila hasil KTP yang dikumpulkan untuk Ahok-Heru tidak signifikan sementara partai marah, maka bisa saja dia tidak maju di Pilgub DKI.

Elite-elite PDIP memang sudah bereaksi soal sikap Ahok ini, tetapi pernyataan mereka ini dinilai belum senada. Sebelum ada titah langsung dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, peluang untuk Ahok dianggap masih ada.

"Mega belum keluarkan pernyataan langsung. Ahok pun masih buka kemungkinan untuk lewat jalur partai bila syarat tidak memungkinkan," ungkap Yunarto.

Kalaupun PDIP sudah menutup pintu, Ahok masih bisa diusung oleh gabungan partai-partai lain. Selama ini, suami Veronica Tan ini memang sering menyinggung kedekatannya dengan sejumlah partai, mulai dari PAN hingga Hanura. Nasdem pun sudah menyatakan mendukung Ahok.

Lebih lanjut, Yunarto menjelaskan, saat ini Ahok sedang melakukan pendidikan politik bagi masyarakat. Selama ini, masyarakat dipertontonkan dengan adanya politik balas budi hingga politik mahar antara kepala daerah dengan partai.

"Ahok ingin menunjukkan bahwa dalam pencalonan, kandidat dan partai sederajat. Jadi bukan kandidat yang mengemis dan bergantung dengan partai," pungkas Yunarto.
0 Komentar