Jumat, 11 Maret 2016 21:45 WIB

Liga Tim Transisi Bakal Digelar Agustus 2016

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Alfitra Salamm membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Transisi Tahun 2016 di Theater Wisma Menpora Senayan, Jakarta, Jumat (11/03/2016) siang.


Dalam Rakor ini, terungkap bahwa Tim Transisi berencana menggelar Liga pada Agustus 2016. Turut hadir dalam Rakor tersebut diantaranya Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewabroto, Kepala BOPI Noor Amman dan Ketua Tim Transisi Bibit Samad Rianto.


"Terimakasih atas kedatangan para klub dari undangan kami semoga rakor ini menjadikan tata kelola sepakbola kita kedepan menjadi lebih baik," ujar Sesmenpora saat membuka Rakor.


Beberapa pemaparan dari anggota Tim Transisi mendapat tanggapan dari para perwakilan klub dengan antusias. Para perwakilan klub yang hadir menginginkan ketegasan dari Pemerintah tentang kondisi sepakbola nasional saat ini.


Bibit Samad Rianto menjelaskan, kegiatan ini adalah upaya untuk mengajak klub-klub sepakbola Tanah Air untuk menyikapi kondisi persepakbolaan saat ini. "Menpora Imam Nahrawi telah menugaskan kepada Tim Transisi untuk berbuat sesuatu untuk sepakbola nasional dan melaporkannya," kata Bibit.


Ia mengakui tantangan dalam perbaikan tata kelola persepakbolaan nasional sungguh luar biasa. "Tentunya Tim Transisi akan tergantung kebijakan pemerintah serta menampung keinginan rekan klub-klub untuk memfasilitasi dan menyuarakan apa yang mereka keluhkan," tandasnya.


Tim Transisi, lanjut dia, apabila tetap dipercaya juga telah menyiapkan tata kelola persepakbolaan nasional selama 30 tahun kedepan. "Agustus 2016 kami akan menggelar Liga Tim Transisi, siapapun boleh mendaftarkan diri sebagai operatornya, pendaftaran klub yang ikut sudah dimulai saat ini, pastinya dengan syarat-syarat seperti klub yang legal dari pemerintah dan persyarakatan dari FIFA," tambah mantan anggota KPK ini.


Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewabroto menilai kagiatan yang dilakukan Tim Transisi ini adalah sebuah sosialisasi tentang pembenahan tata kelola sepakbola nasional. "Selama ini media bertanya tentang kerja dari tim itu sendiri (Tim Transisi) selain mengadakan turnamen, tentang roadmapnya dan lain sebagainya, terkait roadmap dari Tim Transisi ini baru akan menjadi produk hukum apabila menpora menyetujui dan akan menjadi lampiran," tegasnya.


Rakor ini dihadiri 40 Klub Divisi Utama. Di antaranya PSMS Medan, Persipasi Bekasi, Persibonggo Purbalingga, Persibat Batang, Persatu Tuban, Persibo Jawa Timur, PSBK Kota Blitar, Persika Karawang, PS Kwarta Medan, LAmpung FC Lampung, Madiun Putra FC Jawa Timur, Persiba Bantul, Persitara Jakarta Utara, PSBI Blitar Jawa Timur, PSS Sleman DI Yogyakarta, Persinga Ngawi, PSSB Bireun, Persik Kediri.(exe)


0 Komentar