Minggu, 13 Maret 2016 09:26 WIB

Ajarkan Aksi Teroris, Kepolisian Italia Tangkap Imam Masjid

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepolisian Genova di Italia Utara, mengumumkan pada Kamis (10/03/2016) bahwa pihaknya telah menangkap seorang imam masjid berkebangsaan Somalia, atas tuduhan hasutan melakukan aksi teroris.

Penangkapan berlangsung di “Happy Family”, pusat penerimaan imigran bagi mereka yang ingin mencari suaka di Kota Campomarino. Laporan itu menyebutkan bahwa tahanan telah menghasut rekan-rekannya untuk melakukan kejahatan serta mendorong mereka untuk melakukan tindakan kekerasan dalam rangka “jihad”.

Menurut penyelidikan polisi, imam asal Somalia itu menyeru para tamu lain yang sedang berada di pusat “Happy Family”, dengan cara menayangkan beberapa gambar dan film berdarah dan paling mematikan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok radikal. Dalam kesempatan itu ia juga memuji serangan teroris yang terjadi di Paris, November lalu, dan mengajak para imigran lainnya untuk bergabung dan pergi bersamanya ke Suriah.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa “terdakwa telah menjalani pemeriksaan beserta seorang warga Somalia lainnya, handphone keduanya juga telah disita”. Selain itu disebutkan “penyelidikan telah berlangsung sejak Desember lalu melalui pengumpulan informasi ringkas dan melakukan investigasi teknis dan inspeksi serta memantau daerah di mana mereka berdua berada”.

Kepolisian juga menyebutkan bahwa imam asal Somalia itu ditahan di penjara Orino agar ia berada di bawah kendali Jaksa Agung di kawasan itu. Jaksa Penuntut Umum di Genoa akan menformat investigasi dengan menghubungi Direktorat Umum Antimafia dan Terorisme serta kantor Eurojust dari Uni Eropa,” yang bekerja sama secara hukum dalam masalah pidana.

Di akhir keterangan pihak kepolisian, disebutkan bahwa tahanan asal Somalia itu sedang mempersiapkan diri untuk melakukan aksi terorisme yang menargetkan sebuah stasiun kereta api di Roma.(exe/ist)
0 Komentar