Selasa, 15 Maret 2016 15:29 WIB

24 Jam di Gorong-Gorong, Mereka Bawa Bekal Nasi

Editor : Hermawan

Laporan: Evi Ariska


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kasubdit Sumber Daya Lingkungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Adi Vivid menjelaskan dalam rekonstruksi pencurian kabel pada tiga lokasi ini mempunyai waktu yang berbeda-beda. Para tersangka  sudah mempersiapkan segalanya sebelum masuk ke gorong-gorong di kawasan Ring 1 tersebut.


"Jadi kalau dari 3 lokasi mereka masuk pagi, ada yang jam 4 pagi, tadi Abdul Muis jam 8. Di sini kalau gak salah pagi juga, jadi berbeda2. Mereka masuk sudah membawa bekal, membawa nasi membawa roti membawa air minum. Terus kemudian perlatan-peralatan sudah ada di dalam gorong-gorong. Mulai dari linggis, pacul kecil, termasuk senter kepala sudah ada di dalam," ujar AKBP Adi, saat dibicangi di Jalan Merdeka Selatan, Selasa (15/3/2016) siang.


D iantara 3 Lokasi pencurian isi kabel tersebut, barang bukti yang paling banyak ditemukan adalah di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Akan tetapi, bukan di dalam gorong-gorong melainkan di dalam tanah.


"Paling banyak barang bukti yang diamankan ada di bawah semua ini (samping kantor ESDM), jadi posisi kabel bukan ada di gorong-gorong tapi di dalam tanah. Jadi mereka menggali lagi di bawah," kata AKBP Adi.


AKBP Adi membeberkan kenapa di Jalan Merdeka Selatan paling banyak ditemukan sampah kulit kabel, hal itu karena jaringan di Medan Merdeka Selatan memang paling banyak jalur kabel.


"Karena memang jaringan paling banyak di bawah sini. Jadi tersangka ini melihat pembongkaran kabel PLN yang demikian banyak d ipojok sana di pertigaan itu. Nah, dari situlah mereka berusaha mencari akses. Awalnya mereka masuk, di sini ada 3 gorong-gorong ya, ada 3 gorong2 besar. Pertama ada di sebelah situ dekat jalan raya, kemudian di jalur lambat dan trotoar Jadi mereka tembus dari gorong-gorong besar ke gorong-gorong sedang sampai kecil. Sedangkan posisi kabel ada didalam tanah. Kurang lebih kedalaman sekira setengah meter," imbuh AKBp Adi


0 Komentar