Selasa, 15 Maret 2016 22:37 WIB

Tarik Pasukan dari Suriah, Iran Puji Rusia

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA Tigapilarnews.com- Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif memuji keputusan Rusia yang menarik mundur sebagian pasukannya dari Suriah. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa Rusia mendukung upaya damai di Suriah.

Zarif mengatakan, bahwa keputusan Rusia untuk menarik mundur pasukannya juga merupakan bukti kesuksesan gencatan senjata yang berlangsung di Suriah, sesuatu yang sudah lama ditungu-tunggu.

"Iran telah lama menantikan adanya gencatan senjata abadi di Suriah, dan pengumuman Rusia bahwa mereka akan mulai menarik pasukannya dari Suriah menunjukkan bahwa mereka tidak lagi menganggap intervensi militer diperlukan, dan sangat penting untuk mempertahankan gencatan senjata," kata Zarif.

"Dengan tidak dimasukannya ISIS dan Jabhat al-Nusra dalam pihak yang terlibat dalam gencatan senjata, dunia telah menyampaikan pesan kepada organisasi-organisasi ini, bahwa dunia telah bersatu melawan mereka dan bahwa upaya memerangi mereka tidak akan pernah usai," sambungnya, seperti dilansir Jpost pada Selasa (15/03/2016).

Presiden Rusia, Vladimir Putin, semalam memerintahkan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu untuk mulai menarik pasukan Rusia dari Suriah mulai hari ini. Putin mengatakan, penarikan pasukan Rusia telah dikoordinasikan dengan Presiden Assad.(exe/ist)
0 Komentar