Selasa, 15 Maret 2016 22:58 WIB

Kepala BNPT, Tito Karnavian Menuju Kapolri?

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Saud Usman yang pensiun, diganti oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.

Hal ini tertuang dalam ST/604/III/2016 tertanggal 14 Maret 2016. Dengan begini artinya Tito akan berhak menyandang pangkat bintang tiga di struktur di luar Mabes Polri itu.

"Saya sebenarnya sudah tanda tangan berbarengan dengan Kapolda-Kapolda kemarin tapi hari ini Asisten SDM Polri baru mengeluarkan," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti saat dikonfirmasi Senin (14/03/2016) malam.

Dalam rangkaian itu, Saud yang pensiun diganti Tito. Ini, seperti ditulis sebelumnya, tentu tidak mengejutkan karena Tito kenyang dengan urusan anti terorisme.

Tito juga pernah menggantikan Saud saat Saud menjabat Kadensus 88/Antiteror Mabes Polri pada 2009 silam. Tito juga terlibat dalam mengungkap kasus-kasus teror sejak masa bom Bali 2002 hingga penangkapan gembong teroris Noordin M. Top dan Dr Azhari.

Lebih jauh lagi, Tito, dijadikan bintang tiga untuk kelak namanya berkesempatan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti pada Juli kelak 'berkompetisi' dengan nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan.

Nama Tito dipuji istana atas kecepatannya dalam penanganan Bom Thamrin 14 Januari kemarin. Namun, jika segera dipasang menjadi Kapolri pada Juli nanti, dia dianggap yunior karena merupakan lulusan Akpol 87.

Rekan seangkatan Tito di mantra lain, TNI AD-AL-AU- kebanyakan baru menjabat bintang satu. Namun ada juga yang bintang dua yaitu ‎Mayjen Andika Perkasa yang saat ini menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selanjutnya, posisi Kapolda Metro diisi oleh Irjen Moegiyarto yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

"Posisi Kapolda Jawa Barat lalu diisi Irjen Jodie Rooseto (Widyaiswara Sespim Polri). Posisi Pak Jodie diisi Kapolda Kepri (Brigjen Dolly Bambang Hermawan) dan Kapolda Kepri diisi Brigjen Supriyanto," lanjut Badrodin.

Pada 2012 lalu Jodie Rooseto batal dimutasi menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Putut Bayu Seno. Jodie, yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung, dibelokan menempati posisi baru sebagai Kasetukpa Lemdikpol karena kerusuhan di Lampung.

Saat itu Jodie menggantikan Brigjen Ngadino yang diangkat sebagai Kapolda Sultra menggantikan Brigjen Tubagus Anis Angkawijaya. Tubagus lalu mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Jawa Barat. Kini kursi Kapolda Jawa Barat kembali diisi oleh Jodie.(exe/ist)
0 Komentar