Rabu, 16 Maret 2016 16:27 WIB

RS Medika BSD Layani Cuci Darah Peserta BPJS Kesehatan

Editor : Hermawan
Laporan: Hendrik Simorangkir

Tangerang Selatan, Tigapilarnews.com - Pasien cuci darah peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan cuci darah di RS Medika BSD. Pusat layanan cuci darah atau Hemodialisa yang baru dibuka RS Medika BSD Tangerang ini untuk mengakomodasi kebutuhan pasien cuci darah peserta BJPS Kesehatan.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengatakan, atas dibukanya pusat layanan Hemodialisa dan klinik Ginjal Hipertensi dan Diabetes (GHD) di RS Medika BSD ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi di rumah sakit ini juga melayani pasien dengan fasilitas BPJS Kesehatan.

“Dengan hadirnya klinik ini masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke rumah sakit lain dan bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk cuci darah bagi penderita gagal ginjal,” jelas Benyamin saat Tigapilarnews.com, menemunyai usai peresmian Layanan Hemodialisa dan Klinik GHD, Rabu (16/3/2016) siang.

 

Sementara itu, Direktur RS Medika BSD, dr Hafil Budianto Abdulgani menjelaskan, setiap harinya pasien cuci darah sebanyak 24 orang. “Kami bagi dalam dua shift per hari, dengan waktu cuci darah masing-masing 4 jam per pasien,” ujar dr Hafil.

Hafil menambahkan, sebesar 98 persen pasien yang melakukan cuci darah menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan. Untuk pasien BPJS Kesehataan dapat melakukan cuci darah dua kali dalam satu minggu tanpa dikenakan biaya. Sementara biaya cuci darah per sekali datang di RS Medika BSD sebesar Rp 960 ribu.

“Hanya 2 persen saja yang membayar secara pribadi. Kebanyakan pasien menggunakan BPJS Kesehatan. Dan untuk unitnya kami tambahkan, sebelumnya hanya 8 unit sekarang sudah tersedia 16 unit mesin cuci darah,” terang dr Hafil.
0 Komentar