Sabtu, 19 Maret 2016 20:20 WIB

Tarik Pasukan dari Suriah, Putin Banjir Pujian

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Analis militer independen, Alexander Golts, menilai keputusan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk menarik sebagian pasukannya dari Suriah merupakan langkah brilian. Sebab, langkah Putin telah meningkatkan citra Rusia di mata dunia.

Rusia keluar dari konflik dengan kerugian minimal,” kata Golts kepada GuardianSaya pikir itu adalah langkah taktis yang cukup brilian,” katanya lagi, Sabtu (19/03/2016).

Putin membuat pengumuman pada hari Senin dan dalam waktu kurang dari seminggu penarikan pasukan Rusia secara parsial akan selesai.

Tiga pesawat jet tempur Su-34 yang memulai debut perang Moskow di Suriah dan pesawat transport Tu-154 telah meninggalkan Republik Arab Suriah sehari setelah pengumuman dari Putin. Sehari berikutnya diikuti 12  pesawat Su-25 dan beberapapesawat Il-76.


Meski telah menarik sebagian pasukanya dari Suriah, Putin menegaskan bahwa pasukan Moskow bisa kembali ke Suriah hanya dalam hitungan jam.

Keputusan Putin itu untuk menghormati gencatan senjata di Suriah, yang tidak termasuk dengan ISIS, Al-Nusra dan kelompok teror lain yang sudah masuk daftar PBB. Gencatan senjata, yang ditengahi oleh Rusia dan Amerika Serikat, telah terbukti tahan lama, dan memberikan dorongan bagi perundingan damai di Jenewa.


Waktu penarikan (pasukan) Rusia adalah strategi yang sempurna,” kata analis geopolitik dan mantan ekonom Bank Dunia, Peter Koenig.


Pemimpin redaksi Russia in Global Affairs, Fyodor Lukyanov, juga sependapat dengan pujian para analis itu. ”Vladimir Putin menggunakan kesempatan pertama dan terbaik untuk mulai menarik (pasukan),” katanya.(exe/ist)
0 Komentar