Minggu, 20 Maret 2016 11:05 WIB

Flu Burung, Puluhan Unggas Mati Mendadak di Jaksel

Editor : Hermawan
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP), Jakarta Selatan, memusnahkan puluhan unggas yang mati mendadak di wilayah RT 14/RW 14, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Sejumlah unggas itu mati mendadak karena positif terinfeksi virus flu burung (H5N1).

"Total 30 unggas. Sebanyak 20 ekor ayam dan sisanya entok mati mendadak. Setelah terbukti positif flu burung, seluruh unggas di sekitarnya di lakukan ‎pemusnahan," ujar Kepala Suku Dinas KPKP, Jakarta Selatan, Kristrisasi Helenandari, Minggu (20/3/2016) pagi.

Pemusnahan itu dilakukan setelah mengetahui hasil uji laboratorium, pada Kamis (17/3/2016).  Pada hari berikutnya, Jumat (18/3/2016), petugas Sudin KPKP Jakarta Selatan langsung melakukan pencegahan dengan cara focal culling (pemusnahan), dan diikuti dengan desinfeksi biosecurity.

"Itu virus flu burung. Ciri-ciri hewan yang terkena virus flu burung tergolong zoonosis atau penyakit hewan yang menular pada manusia. Jadi mati tanpa sebab dan harus dilakukan uji laboratorium,” pungkas Kristrisasi.

Kini, Sudin KPKP Jakarta Selatan akan terus melakukan sweeping terhadap hewan unggas yang berada di wilayah Jakarta Selatan agar tidak terjadi penyebaran virus flu burung.

 
0 Komentar