Minggu, 20 Maret 2016 15:21 WIB

Korut Bisa Setiap Saat Laksanakan Uji Coba Nuklir

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Lembaga think tank Amerika Serikat (AS) menyatakan jika Korea Utara (Korut) bisa setiap saat kembali melaksanakan uji coba nuklir. Hal itu didasari analisa citra satelit dari situs pengujian utama Pyongyang, Punggye-ri.

Aktivitas di fasilitas bawah tanah Punggye-ri menujukkan jika Korut tetap menjaga terowongan tersebut tetap terjaga pasca peluncuran rudal balistik pada bulan Januari lalu. Begitu laporan Institute AS-Korea di John Hopkins University.

"Hal ini sangat mungkin jika situs ini mampu mendukung dilakukannya tes tambahan setiap saat," kata lembaga itu di situs 38North seperti dikutip dari Strits Times, Sabtu (19/03/2016).

Dari gambar satelit yang diambil pada bulan ini mendukung teori tentang adanya ruang uji coba yang tidak terpakai di situs tersebut. Gambar satelit juga menunjukkan aktivitas di sekitar area pendukung utama dengan banyaknya trek kendaraan dan jalan setapak yang terlihat.

Sedangkan pada satu pintu masuk ke terowongan uji coba, salju telah dibersihkan yang diduga sebagai persiapan untuk uji coba di masa depan.

Sebelumnya pemimpin muda Korut, Kim Jong-un, mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan tes atau uji coba hulu ledak nuklir dalam beberapa hari mendatang. Selain menguji coba hulu ledak nuklir, rezim Pyongyang juga akan menguji tembak rudal balistik yang juga mampu membawa hulu ledak nuklir.(exe/ist)

 
0 Komentar