Jumat, 01 April 2016 00:29 WIB

Diduga Serangan Drone AS, Komandan ISIS Tewas

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebuah serangan pesawat tak berawak atau drone dekat ibukota de facto ISIS, Raqqa, menewaskan seorang komandan kelompok ekstrimis itu. Sang komandan tewas saat dalam perjalanan menuju Provinsi Aleppo.

"Abu al-Hija, seorang komandan tinggi ISIS Tunisia tewas pada Rabu dalam serangan oleh pesawat tak berawak yang kemungkinan dioperasikan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS)," begitu bunyi laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dikutip dari Al Arabiya, Kamis (31/03/2016).

Menurut kelompok obeservatorium yang berbasis di London itu, al-Hija tewas saat melakukan perjalanan ke Suriah dari Irak. Sehari sebelumnya, ia mendapatkan perintah dari pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi. Ia diperintahkan ke Aleppo untuk mengawasi pertahanan ISIS atas serangan pejuang Suriah pimpinan Pasukan Demokratik Suriah Kurdi yang didukung oleh AS.

"Pertempuran yang sengit,  terutama di empat atau lima hari terakhir, bisa menyebabkan ISIS diusir dari daerah dan mendorong ke arah timur ke provinsi Raqa," kata Direktur Observatorium, Rami Abdel Rahman.

Abu al-Hija adalah anggota senior ISIS yang tewas dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu, pasukan AS membunuh Wakil Pemimpin ISIS Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli. Awal bulan ini salah satu komandan paling terkenal ISIS, Omar al-Shishani, juga tewas.

"Kepemimpinan ISIS ini sedang lemah. Tanpa infiltrasi ISIS, pembunuhan ini tidak akan mungkin terjadi," kata Abdel Rahman kepada AFP.(exe/ist)
0 Komentar