Senin, 04 April 2016 12:20 WIB

Ahok Sebut Reklamasi Pantai Sudah Ada Sejak 1995

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menegaskan reklamasi pantai bukan merupakan sesuatu hal baru di Jakarta.

Perda tentang reklamasi pantai sudah ada sejak tahun 1995. Ahok menyebut salah satu hasil reklamasi pantai, yaitu Taman Impian Jaya Ancol.

"Sudah ada tahun 95. Ini kan hanya revisi. Jadi, yang enggak suka reklamasi kamu dengerin baik-baik ya, kamu kira Ancol itu hasil beranak sendiri itu tanah?" jelas Ahok, di SMAN 30 Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (4/4/2016) pagi.

Menurut Ahok, batas daratan asli Jakarta di kawasan Ancol pada awalnya hanya sampai lokasi yang sekarang menjadi Jalan RE Martadinata, atau tepatnya di bawah Jalan Tol Wiyoto Wiyono.

"Jadi batas Jakarta itu jalan layang tol itu yang ada Kali Ancol. Itu batas Laut Jakarta awalnya supaya mengadang air laut masuk (daratan)," ungkap Ahok.

Oleh sebab itu, Ahok menilai reklamasi pantai yang dilakukan sekarang bukanlah sesuatu yang salah. Apalagi sudah banyak negara-negara yang melakukan hal serupa.

"Singapura, Dubai, di Eropa ada Belanda, terus Australia juga reklamasi. Ujung rumah saya di Pantai Mutiara kamu kira apa? reklamasi," imbuh Ahok.

 
0 Komentar