Senin, 11 April 2016 15:34 WIB

Menkes: Lawan Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Editor : Hermawan
Laporan: Hendrik Simorangkir

Tangerang Selatan, Tigapilarnews.com - Data International Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2015, sebanyak 10 juta orang menderita diabetes di Indonesia.  Hal tersebut menjadi perhatian khusus bidang kesehatan di Indonesia untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek mengatakan, permasalahan ini menjadi perhatian utama yang harus diselesaikan terhadap penyakit yang menjadi pembunuh di nomor tiga di Indonesia pada tahun 2014 ini.

"Karena di Indonesia angkanya cukup besar, bahkan di Indonesia sendiri sudah terdiagnosis sebanyak 30 persen, sedangkan 70 persen tidak diketahui," ujar Nila Moeloek, melalui keterangan pers dari Humas Pemkot Tangsel, yang didapat Tigapilarnews.com, Senin (11/4/2016).

Nila Moeloek menambahkan, ada tiga kata kunci untuk mengatisipasi terserang diabetes, yaitu melalui pencegahan, kemudian jika sudah terdeteksi harus segera dilakukan pengobatan. Apabila sudah dalam tahap lanjut pengobatan, kedepannya dilakukan adalah melawan diabetes itu sendiri.

"Jika tidak dicegah, kemungkinan di tahun 2040 angka penyandang diabetes di Indonesia bisa meningkat tajam menjadi 16,2 juta. Kita harus ingat, diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia," jelas Nila Moeloek.

Untuk itu, Nila Moeloek meminta, agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat dan mendeteksi sedini mungkin penyakit yang sedang dialami. Masyarakat jangan ragu memeriksa kesehatan, karena Kemenkes punya beberapa fasilitas untuk memeriksa.

"Saat ini segala fasilitas untuk memeriksa kesehatan kita permudah untuk melayani masyarakat. Antara puskesmas dengan rumah masyarakat sudah diadakan Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular), dengan itu kita mengharapkan lebih banyak lagi masyarakat mau memeriksa gula darahnya," ujar Nila Moeloek

Lebih lanjut, dia menuturkan, tren penderita diabetes saat ini sudah bergeser, tidak hanya usia 40 tahun ke atas yang menderita diabetes, sekarang penyakit ini mulai menderita kepada anak-anak.

"Maka dari itu, kita terapkan gaya hidup sehat sejak dini agar terhindar dari diabetes," pungkasnya.

 
0 Komentar