Jumat, 15 April 2016 00:23 WIB

Militer AS Patroli Bersama Filipina di LCS

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ashton Carter mengatakan, militer AS akan melakukan patroli bersama dengan Filipina di Laut China Selatan (LCS). Selain itu, AS juga akan meningkatkan kehadiran personel dan peralatan militernya di Filipina.

Berbicara pada konferensi pers di Manila, Carter mengatakan, patroli bersama AS-Filipina di LCS rencana akan dilakukan pada bulan Maret dan yang kedua selesai pada awal April, seperti dikutip dari Voice of America, Kamis (14/04/2016).

Menurut seorang pejabat pertahanan, Filipina menjadi negara kedua yang melakukan patroli bersama AS di wilayah laut yang diperebutkan. Sebelumnya, Jepang telah melakukan hal yang sama.

Pengumuman patroli bersama AS dan Filipina di LCS ini datang di tengah agresivitas China atas wilayah yang disengketakan di LCS. China telah menciptakan sekitar 1.200 hektar pulau buatan di atas terumbu karang di Kepulauan Spratly yang disengketakan.

China telah mengklaim sebagian besar wilayah LCS sebagai kawasan teroritorialnya. Klaim ini China ini sontak memicu kontroversi dengan sejumlah negara lainnya yang merasa bahwa LCS bagian wilayah teritorialnya macam Malaysia, Filipina, dan Vietnam.(exe/ist)

0 Komentar