Jumat, 15 April 2016 14:30 WIB

Inilah Bentuk Provokasi Ala Militer Rusia

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Otoritas Amerika Serikat telah merespons keras dugaan provokasi yang dilakukan pihak militer Rusia di Laut Baltik, pada Senin dan Selasa lalu. Menlu AS John Kerry juga menegaskan, AS memiliki hak menembak jatuh pesawat tempur Rusia itu.

Bagini kronologis insiden di perairan Eropa yang memicu kegeraman otoritas AS tersebut. Seperti dikatakan seorang perwira Angkatan Laut AS, insiden pertama terjadi pada 11 April lalu, saat USS Donald Cook sedang menjalankan latihan pendaratan di geladak kapal yang melibatkan sebuah helikopter tempur Polandia. Tiba-tiba, jet Rusia kedapatan melakukan "sejumlah terbang lintas dalam jarak dekat dan di ketinggian yang rendah.

Sehari kemudian, mesin perang Rusia yakni helikopter tempur KA-27 Helix, terpantau terbang mengitari USS Donald Cook sebanyak tujuh kali dari jarak dekat. Sekitar 40 menit kemudian, seperti ditulis komando militer AS di Eropa, dua jet tempur Su-24 terbang melintas kapal dalam jarak dekat seakan sedang melakukan "simulasi serangan". Bahkan, kendaraan perang udara itu mengabaikan himbauan keamanan yang disuarakan USS Donald Cook dalam bahasa Inggris dan Rusia.
0 Komentar