Jumat, 15 April 2016 17:25 WIB

Soal Sumber Waras, KPK Siap Audit Investigasi Laporan BPK

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap melakukan investigasi terhadap data audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Namun demikian, Wakil ketua KPK, Laode M Syarif tidak membeberkan alasan KPK melakukan investigasi terhadap data audit BPK.

"Hasil investigasi Sumber waras banyak sekali. Misalnya kami melihat investigasi kualitas auditnya, kami juga menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan keterangan yang mengetahui tentang hal itu. Hasilnya nanti akan diumumkan," ujar Laode di kanntor KPK, Jumat (15/4/2016).

Laode menegaskan, KPK tidak merasa ada intervensi apapun dari pihak luar dalam menangani kasus sumber waras. Meski banyak pihak yang mendesak KPK agar segera meningkatkan status Sumber Waras, dari tahap penyelidikan menjadi tahap penyidikan.

Dia pun menjamin penanganan kasus Sumber Waras dilakukan sesuai fakta dan keterangan yang ada bukan karena desakan. Jika KPK menemukan fakta baru tidak menutup kemungkinan kasus ini bisa berkembang, namun sekali lagi Laode mengatakan proses penyelidikan terus berlanjut.

Selain itu, tambah dia, ada atau tidaknya tindak pidana korupsi soal pembelian lahan Sumber Waras KPK menjamin transparan tanpa ada unsur unsur yang disembunyikan.

"Kami ini kan lembaga independen, kami merasa tidak tertekan baik dari pemerintah, politik, maupun masyarakat. Jadi kami bekerja itu berdasarkan fakta dan bukti. Kalau keduanya cukup maka kami akan lanjutkan. Kalau tidak cukup, maka kami tidak akan lanjutkan," pungkasnya.

Sebelumnya, hasil audit BPK mengenai kasus pembelian lahan Sumber Waras menyebutkan kerugian daerah atas pembelian lahan tersebut mencapai Rp 191 miliar.
0 Komentar