Jumat, 15 April 2016 22:36 WIB

AS Tak Khawatirkan Rudal Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Juru bicara Departemen Pertahanan (Dephan) Amerika Serikat (AS) mengatakan, pihak militer berhasil mendeteksi dan melacak pelucuran rudal Korea Utara yang gagal terbang.

"Peluncuran rudal dilakukan pada 15:33 WIT/20:33 GMT terdeteksi oleh sistem komando strategis AS," kata juru bicara Dephan AS dalam sebuah pernyataan.

"Menurut Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara, rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/04/2016).

Seorang juru bicara Komando Strategis mengatakan, ia tidak memiliki rincian tentang jenis rudal yang diluncurkan. "Kami mungkin akan membiarkan Korut menggolongkan jenisnya sendiri," katanya.

Sedangkan seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan, pihaknya telah menerima laporan itu dan tengah memantau situasi di Semenanjung Korea.

"Kami menelpon Korut dan mengatakan lagi kepada mereka untuk menahan diri dari tindakan dan retorika yang dapat meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut dan fokus untuk mengambil langkah-langkah konkrit ke arah pemenuhan komitmen dan kewajiban internasional," kata pejabat itu.(exe/ist)
0 Komentar