Sabtu, 16 April 2016 14:02 WIB

Luhut dan Tito Ada Silang Pendapat Soal Pemindahan Baasyir

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol .Tito Karnavian mengatakan, perpindahan Abu Bakar Baasyir ke lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur dari LP Nusakambangan bertujuan memecah kelompok teroris di dalam lapas.

"Dasar pemindahannya karena mereka berkelompok semua. Di situ ada Aman Abdurahman, ada tokoh-tokoh utama radikalisme yang di situ. Contohnya bom Thamrin direncanakan di Nusakambangan, otomatis harus kita pecah," ujar Tito,Sabtu (16/4/2016).

Sebelumnya, Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan alasan di balik pemindahan Abu Bakar Baasyir yakni kemanusiaan.

"Iya (pindahkan). Abu Bakar Baasyir karena masalah kemanusiaan kita pindahkan hari ini. Karena umurnya semakin tua," ujar Luhut, Sabtu (16/4/2016).

Luhut menegaskan, pemindahan Abu Bakar Baasyir tidak melanggar aturan. Dia merasa perlu menjelaskan ini agar rakyat memahami keputusan pemerintah.

"Jadi saya ingin luruskan, tidak ada perubahan-perubahan yang di luar aturan terhadap penanganan semua tahanan yang terlibat masalah teroris. Jadi saya minta jangan rakyat disesatkan dengan berita-berita enggak benar. Pemerintah sangat memperhatikan masalah kemanusiaan tapi secara bersamaan menerapkan peraturan yang berlaku," pungkasnya.

Untuk diketahui, Sabtu (16/4/2016), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham) memindahkan terdakwa kasus tindak pidana terorisme Ustaz Abu Bakar Baasyir dari Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih Nusakambangan Jawa Tengah ke Lapas Gunung Sindur Jawa Barat
0 Komentar