Jumat, 22 April 2016 22:45 WIB

Ranjau ISIS Tewaskan Puluhan Warga Ramadi

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Puluhan warga sipil meregang nyawa di Ramadi, Irak, setelah terkena ranjau yang ditanam oleh kelompok ekstrimis ISIS. Para warga sipil ini kembali ke Ramadi setelah kota itu berhasil direbut kembali oleh pasukan Irak beberapa waktu lalu.

PBB mengatakan, berdasarkan laporan dari pihak berwenang setempat, 49 orang telah tewas dan 79 lainnya luka-luka sejak awal Februari lalu. Jumlah ini sungguh di luar perkiraan.

"PBB sangat khawatir tentang keselamatan keluarga yang kembali dan perangkat yang tidak meledak dan jebakan itu tersebar di sejumlah wilayah yang luas," kata Koordinator Kemanusiaan PBB di Irak, Lise Grande, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (22/04/2016).

Kurangnya ahli terlatih untuk menjinakkan bahan peledak telah memperlambat upaya untuk memulihkan keamanan. "Hal paling penting saat ini adalah membersihkan daerah-daerah tersebut secepat mungkin menggunakan metode terbaru, modern, dan profesional. Hal lain hanya menimbulkan risiko terlalu banyak," tutur Grande.

Pasukan Irak berhasil merebut Ramadi dari tangan ISIS pada bulan Desember tahun lalu. Setelah mengepung kota selama sepekan, militer Irak meluncurkan serangan besar dan berhasil merebut kembali Ramadi yang selaman 18 bulan dikuasai oleh ISIS.(exe/ist)
0 Komentar