Minggu, 24 April 2016 10:28 WIB

Korban Tembus 646 Jiwa, Presiden Ekuador : Negara Krisis

Editor : Hendrik Simorangkir
 

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Korban tewas akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,8 pada skala Richter di Ekuador terus bertambah. Sebanyak 646 orang meninggal dunia, 12.500 orang luka, dan 130 hilang.

“Korban tewas akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,8 pada skala Richter di Ekuador pekan lalu meningkat menjadi 646 orang,” kata Presiden Rafael Correa dalam siaran televisi.

Teridentifikasi, korban berjatuhan sepanjang pantai Pasifik negara itu. "Ini hari-hari menyedihkan bagi Tanah Air," kata Correa, yang tampak terguncang, dalam siaran televisi rutin, Sabtu (23/4/2016) itu.

Sementara itu, kantor berita Reuters mengutip pernyataan Correa, "Negara ini dalam krisis,"

 

Beberapa guncangan kuat dan lebih dari 700 gempa susulan terus menggoyang negara itu sejak gempa besar. Gempa-gempa kecil diperkirakan berlanjut beberapa pekan.

Hampir 7.000 bangunan di negara itu hancur akibat gempa, memaksa lebih dari 26.000 warganya tinggal di tempat-tempat penampungan.

Sekitar 14.000 petugas keamanan menjaga ketertiban di wilayah terdampak gempa, dengan hanya beberapa penjarahan dilaporkan terjadi.

Correa memperkirakan gempa yang melanda negaranya menimbulkan kerugian antara dua sampai tiga miliar dolar AS.  Perhimpunan perbankan swasta negara itu telah menyatakan anggotanya akan menunda pembayaran kartu kredit, pinjaman dan hipotek untuk nasabah di daerah gempa selama tiga bulan untuk membantu upaya pembangunan kembali. (Ist)
0 Komentar