Minggu, 24 April 2016 11:41 WIB

Kasus Meldonium Menimpa Atlet Terbaik Bulgaria 2015

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kasus doping kembali menerpa atlet top dunia. Dari cabang olahraga lompat lompat jauh, Gabriela Petrova, yang terpilih sebagai atlet terbaik Bulgaria 2015 resmi dijatuhi hukuman terkait penggunaan meldonium.

Petrova pertama kali dicurigai menggunakan meldonium ketika Federasi Atletik setempat mengumumkan dirinya gagal tes doping pada 28 Maret 2016 lalu. Namun baru hari ini Federasi Atletik Internasional (IAAF) secara resmi memintanya vakum dari dunia olahraga.

"Atas pemberitahuan WADA yang dikeluarkan pada 11 April 2016, sehubungan dengan temuan meldonium dan spesifikasi kasus Anda, maka Anda diminta mundur dari seluruh kompetisi internasional," demikian petikan pernyataan resmi IAAF, dikutipĀ Reuters.

Seperti halnya Maria Sharapova, Petrova bisa lolos dari hukuman menyusul keputusan WADA menerbitkan peraturan baru terkait meldonium. Jika mengkonsimsi tak lebih dari 1 mikrogram meldonium, atlet terduga doping bisa lolos dari hukuman.

Petrova (23 tahun) didapuk sebagai atlet terbaik di tahun 2015 setelah dirinya memborong tiga medali perak dalam ajang lompat jauh Indoor European Championship.(exe/ist)
0 Komentar