Minggu, 24 April 2016 12:05 WIB

Turki Tahan Enam Anggota ISIS

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sedikitnya enam warga asing ditahan dalam operasi penangkapan terhadap anggota atau simpatisan ISIS di kota Anatolia, Konya. Begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan pihak gubernur provinsi setempat.

Menurut pernyataan itu, operasi penangkapan terhadap anggota atau simpatisan ISIS itu dilakukan untuk mencegah pontensi terjadinya serangan teroris yang dilakukan oleh kelompok ekstrimis itu, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/04/2016).

Penahanan terhadap para tersangka itu terjadi hanya beberapa jam sebelum Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan Presiden Dewan Uni Eropa, Donald Tusk, mendarat di Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan wilayah yang dikuasai ISIS.

ISIS, organisasi militan yang menguasai sejumlah wilayah di Suriah dan Turki, telah melakukan sejumlah aksi teror di Turki. Tercatat sudah empat kali organisasi itu melakukan aksi teror di Turki.

Selama tahun 2016, ISIS mengaku bertanggung jawab atas dua serangan bom di Istanbul. Aksi pertama terjadi pada bulan Januari lalu yang menewaskan sedikitnya 10 orang. Aksi kedua terjadi pada bulan Maret lalu yang menewaskan setidaknya lima orang.(exe/ist)
0 Komentar