Senin, 25 April 2016 18:05 WIB

Rute Baru Transjakarta, Tugas JIEP-Lebak Bulus Tanpa Transit

Editor : Hermawan
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com – PT Transjakarta mulai hari ini, Senin (25/4/2016), mengubah sejumlah rute layanan bus Transjakarta. Tujuan perubahan itu untuk memanjakan dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal tersebut.

Di Halte Transjakarta Tugas JIEP, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, ada rute baru mulai beroperasi terhitung Senin pagi tadi, yaitu Tugas JIEP-Lebak Bulus. Rute yang dibuka pukul 05.00 WIB itu memberikan perjalanan langsung dari Halte Tugas JIEP langsung ke Lebak Bulus tanpa transit dan menyambung dari Halte Harmoni.

Rohimin, petugas dan pengendali jalur bus Transjakarta mengatakan untuk saat ini uji coba rute baru bus Transjakarta ini menggunakan lima bus single. Namun, tidak menutup kemungkinan jumlah armada dapat bertambah.

"Rute Tugas JIEP ke Lebak Bulus hari ini ada 5 bus. Nanti, kami lihat perkembangan. Bisa saja kami kasih 20 bus," ujar Rohimin di Halte Transjakarta Tugas JIEP, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016) pagi.

Rohimin menambahkan, bahwa saat ini petugas Transjakarta di lapangan masih berusaha memahami dan mendalami rute baru tersebut.

"Kami masih bingung. Masih melihat situasinya bagaimana. Titik macetnya di mana. Nanti akan ada evaluasi. Dari pimpinan infonya jelas, tapi kan praktiknya dulu ini," jelas Rohimin.

Selain rute Halte Tugas JIEP-Lebak Bulus, Rohimin menuturkan ada 2 rute baru lagi, yaitu Halte Tugas JIEP-Grogol dan Tugas JIEP-Blok M.

"Rencana operasi kami hari ini itu yang reguler 20 bus. Tugas JIEP-Lebak Bulus 5 bus. Ke Blok M ada 12 bus. Tugas JIEP-Grogol ada 15 bus. Manggarai-UI ada 5 bus. Itu rencana operasi koridor 4," tutur Rohimin.

Rohimin juga menyatakan, apabila nantinya terjadi penumpukan di beberapa titik rute terbaru itu, maka bus reguler akan langsung dialihkan untuk membantu di lokasi rute baru tersebut.

Adapun pembayarannya masih tetap sama, yaitu Rp 3.500. Pengoperasian bus dengan rute baru itu juga disesuaikan dengan bus reguler lainnya hingga pukul 23.00 WIB.

"Operasi sesuai jam kerja Transjakarta reguler. Waktu sampainya (tiap antar bus) masih belum tahu juga. Yang reguler kan bisa 10 menit," pungkas Rohimin.

Adapun jalan yang dilewati bus Transjakarta rute Tugas JIEP-Lebak Bulus:

Tugas JIEP-Lebak Bulus:
Jalan Pemuda-Jalan Pramuka-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Imam Bonjol-Jalan Sudirman-Bunderan Senayan – Jalan Hang Tuah-Jalan Pakubuwono 6-Jalan Leuser-Jalan Bumi-Jalan Kyai Maja-Taman Puring-Kebayoran Baru-Sultan Iskandar Muda-Jalan Pondok Indah-Jalan Kartini-Lebak Bulus.

Halte disinggahi:
Halte Transjakarta Tugas JIEP sampai dengan Halte Transjakarta Ps. Genjing-Halte Proklamasi-Halte Megaria-Halte SMPN 8-Halte Gedung Wanita-Halte Museum Proklamasi-Halte KPU-Halte BBD-Halte Transjakarta Tosari sampai dengan Halte Transjakarta Bunderan Senayan-Halte Mustopo-Halte Taman Puring-Halte Transjakarta Kebayoran Lama Bungur sampai dengan Halte Transjakarta Lebak Bulus.

Lebak Bulus-Tugas JIEP:
Lebak Bulus-Jalan Kartini-Jalan Raya Pondok Pinang-Jalan TB Simatupang-Jalan Pondok Indah-Jalan Sutan Iskandar Muda-Kebayoran Baru-Jalan Taman Pakubuwono 6-Jalan Sisingamangaradja-Jalan Sudirman-Bundaran HI-Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro-RSCM-Jalan Salemba Raya-Jalan Pramuka-Jalan Pemuda-Tugas JIEP.

Halte disinggahi:
Halte Selapa-Halte Transjakarta Pondok Pinang-Halte Kartini-Halte Transjakarta Pondok Indah 1-Halte Transjakarta Pondok Indah 2-Halte Pondok Indah-Halte Transjakarta Tanah Kusir Kodim-Halte Transjakarta Kebayoran Lama bungur-Halte Singgalang-Halte Paku buwono-Halte SMK 30-Halte Sinabung-Halte Transjakarta Bundaran Senayan sampai dengan Halte Transjakarta Tosari-Halte Imam Bonjol-Halte Kartini-Halte Taman Suropati-Halte Megaria-Halte RSCM-Halte RS Carolus-Halte Transjakarta Ps. Genjing sampai dengan Halte Transjakarta Tugas JIEP.

 
0 Komentar