Selasa, 26 April 2016 19:03 WIB

Indonesia Kena Imbas Ekonomi Global

Editor : A. Amir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Keterlambatan pertumbuhan ekonomi global masih terasa. Masih belum bergairahnya ekonomi global berpotensi berdampak kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Juda Agung mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih dihantui pelemahan ekonomi global.

"Pertama pelemahan ekonomi gobal. IMF (International Monetary Fund) memprediksi 3,4% menjadi 3,2%. Ini terutama karena pelemahan atau revisi di berbagai negara emerging market juga Jepang," terang Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016).

Guna mengantisipasi derasnya pengaruh perlambatan ekonomi global, BI terus melakukan berbagai kebijakan makro yang juga disertai dengan kebijakan moneter dan makro prudensial.

"Di sisi Bank Indonesia kami akan terus memperkuat kebijakan stabilitas makro ekonomi serta memanfaatkan ruang kebijakan moneter dan makro prudensial," imbuh Juda.

Berbagai kebijakan diharapkan dapat memperbaiki stabilitas perekonomian dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Bauran kebijakan di mana dimulai memanfaatkan uang kelonggaran ini dan juga pemerintah mendorong fiskal dari segi riil juga diharapkan dilakukan ke depan. Diharapkan ekonomi membaik dari stabilitas makro maupun menjaga pertumbuhan yang sudah terjadi," tutur Juda.

Tidak hanya itu, tingginya dinamika pasar keuangan China yang dapat berubah sewaktu-waktu juga memberikan kekhawatiran bagi para pelaku pasar. Serta terjadinya penurunan beberapa harga komoditas hingga 9% juga menjadi tantangan tersendiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kedua adalah ketidakpastian China. Pertumbuhan ekonomi dan pasar keuangan yang seringkali memberikan surprise kepada pasar keuangan. Ketiga penurunan harga komoditas. Tahun ini masih terjadi, sebelumnya penurunan sekitar 10% sampai 11% perkiraan terakhir 9%," ujar Juda.

Ke depannya, BI sebagai pemangku kebijakan juga mengawal tren pasar digital yang tengah ramai di dunia.

"Digital ekonomi menjadi tren yang akan kita antisipasi," pungkas Juda.
0 Komentar