Sabtu, 30 April 2016 00:15 WIB

China Kembali Tolak Kunjungan Kapal Perang AS

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Departeman Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyatakan pemerintah China telah menolak permintaan AS terkait kunjungan kapal induk USS John C. Stennis dan kapal pengawalnya ke pelabuhan di Hong Kong.

Juru bicara Deplu AS, Anna Richey-Allen, mengatakan jika kapal perang AS lainnya, yaitu USS Blue Ridge saat ini telah berada di Hong Kong dan AS berharap dapat melanjutkan kunjungan tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (29/04/2016).

Sementara itu, Konsulat Jenderal AS di Hongkong, Darragh Paradiso, mengatakan Kementerian Luar Negeri China menolak kapal induk John C, Stennis dan kapal pengawalnya untuk memasuki bekas koloni Inggris itu. Namun,  tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Kami memiliki track record yang panjang terkait kunjungan ke pelabuhan ke Hong Kong. Termasuk, saat kunjungan USS Blue Ridge dan kami berharap akan terus berlanjut," kata Paradiso merujuk pada kapal komando Angkatan Laut AS yang tengah berada di Hong Kong, seperti dikutip dari Bloomberg.

Keputusan China ini terjadi di tengah ketegangan maritim atas klaim Beijing terhadap 80 persen wilayah Laut China Selatan yang diprotes oleh AS. Meski begitu, keputusan ini bukanlah yang pertama. Pada tahun 2007 lalu, China juga pernah menolak akses ke pelabuhan untuk kapal induk USS Kitty Hawk.(exe/ist)
0 Komentar