Sabtu, 30 April 2016 14:40 WIB

Besok, 5.000 Buruh dari Bogor Geruduk Jakarta Peringati May Day

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Sebanyak 5.000 buruh se-Kabupaten Bogor akan menggeruduk Jakarta dalam peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia, pada 1 Mei 2016 besok. Salah satu tuntutan mereka menolak pengampunan pajak atau tax amnesty.

Koodinator aksi Garda Metal Bogor, Heri Irawan menjelaskan rencananya para buruh akan menggunakan 72 bus dari beberapa titik keberangkatan menuju Jakarta. "Beberapa titik kumpul di antaranya di Tol Jagorawi, Cileungsi dan Citeurep. Dikoordinasi oleh serikat buruh masing-masing,” jelas Heri, Sabtu (30/4/2016) pagi.

Heri mengatakan para buruh akan dibagi tiga lokasi berbeda setibanya di Jakarta. Ada yang menuju Stadion Utama GBK Senayan (GBK), Gedung DPR/MPR, dan Istana Merdeka Jakarta.

Sedangkan, unjuk rasa buruh di Kabupaten Bogor dipusatkan di Kompleks Pemda Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Bagi teman-teman buruh yang tidak bisa berangkat ke Jakarta, sekitar 5.000, akan dipusatkan di kantor pemerintahan Kabupaten Bogor,” kata Heri.

Heri melanjutkan aksi unjuk rasa ini menargetkan sejuta massa buruh di Jakarta. Hingga saat ini sedikitnya ada 23.354 buruh dengan menggunakan 401 bus dari beberapa daerah di Jawa Barat yang juga ikut berangkat menuju Jakarta.

"Jumlah itu baru dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang. Belum lagi dari Jabodetabek yang sekitar 150.000 orang," ujar Heri.

Beberapa isu yang angkat oleh buruh dalam Hari Buruh Sedunida besok di antaranya menuntut pemerintah untuk mencabut PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, Stop PHK, dan Tolak pengesahan RUU Tax Amnesty. (ist)

 
0 Komentar