Sabtu, 30 April 2016 17:19 WIB

Pemkot Akan Meriahkan Hari Jadi ke-723 Kota Surabaya

Editor : A. Amir
SURABAYA, Tigapilarnews.com - Jelang peringatan Hari Jadi ke-723 Kota Surabaya (HJKS) 2016, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkannya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Surabaya Muhamad Fikser menjelaskan, rangkaian peringatan HJKS akan dimulai dari Surabaya Shoping Festival selama 30 hari, Festival kuliner, berbagai macam lomba, dan tentunya pawai bunga menampilkan budaya-budaya Nusantara.

Pejabat kelahiran Kota Serui, Papua, ini menambahkan, rangkaian kegiatan menyambut HJKS ini dimulai dengan Surabaya Shoping Festival pada Minggu (1/5/2016) di Spazio pukul tujuh malam. Seremoni akan dibuka Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Setelah pembukaan di Spazio, hari selasanya (3/5/2016) Ibu Walikota akan kembali membuka festival kuliner Pasar Malam Tjap Tunjugan di Foodfest Pakuwon City,” imbuh Fikser dalam rilis, Jumat (29/4/2016).

Pihak panitia HJKS ke-723 tentunya akan tetap menampilkan parade budaya dan pawai bunga pada hari Minggu, 22 Mei dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di halaman Taman Surya.

Fikser menambahkan, pada 18 Mei, akan dilaksanakan Surabaya Great Expo yang selalu dijadikan sarana mempromosikan produk terbaru UMKM Kota Surabaya.

Berbagai macam lomba juga ditampilkan, seperti, Drag bike motor lawas pada tanggal 7-8 Mei, Jambore Sepeda kuno di Tambak Sari pada 21 – 22 Mei.

"Dan yang paling dianti adalah lomba Dayung Perahu Naga di Kalimas, yang memperebutkan piala Walikota pada 21 – 22 Mei 2016," ujarnya.

Mantan Camat Sukolilo ini menambahkan, perahu-perahu naga ini akan dihias dengan berbagai lampu berwarna – warni, dan menyusui Kalimas pada malam hari.

Seluruh kegiatan nantinya tak hanya diadakan di pusat perbelanjaan. Seperti Grand final pemilihan Cak dan Ning Surabaya di Taman Jayengrono pada 27 Mei.

Festival kuliner tradisional seperti Festival Rujak Uleg akan kembali digelar di sepanjang Jalan Kepang Jepun pada tanggal 29 Mei, dan akan diikuti oleh seluruh pegawai Pemkot Surabaya, dan Stakeholder yang turut berperan membangun Kota Pahlawan.

“Nantinya, festival Surabaya Urban Culture akan mengangkat tema 90’an, dan dilaksanakan di sepanjang Jalan Tunjungan pada Minggu 29 Mei,” pungkasnya.
0 Komentar