Minggu, 01 Mei 2016 09:58 WIB

SHOR Ungkap Jumlah Orang yang Dieksekusi ISIS di Suriah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kelompok monitor konflik di Suriah, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), mengatakan ISIS telah mengeksekusi lebih dari 4.000 orang di Suriah dalam rentang waktu dua tahun.

Mereka dieksekusi atas sejumlah pelanggaran, termasuk sodomi dan murtad. Para terhukum itu dieksekusi dengan cara dipenggal atau ditembak.

Kelompok monitor yang berbasis di Inggris ini mengatakan, pada akhir bulan ke-22, ISIS telah mengeksekusi 4.144 orang. Warga sipil dan anak-anak termasuk di antara mereka yang tewas.

Mereka yang dianggap sebagai bagian dari musuh ISIS adalah pasukan rezim Bashar al-Assad dan pasukan pemberontak, seperti dikutip dari Independent, Sabtu (30/04/2016).

SOHR kembali menerangkan, jika mereka dieksekusi atas serangkaian tuduhan, termasuk tindakan yang dilarang di bawah hukum Syariah, seperti sodomi dan murtad, dan spionase.

Dugaan kerjasama dengan musuh termasuk kelompok afiliasi al-Qaeda, Front al-Nusra, pasukan Kurdi (YPG), dan aliansi pasukan salib (koalisi pimpinan Amerika Serikat) masuk dalam pelanggaran berat.

SOHR mengatakan, kelompok terbesar yang menjadi korban eksekusi adalah warga sipil yang jumlahnya diperkirkan mencapai 2.230 orang. Jumlah ini termasuk mereka yang menjadi korban dalam tiga pembantaian besar-besaran terhadap warga Sunni dan Kurdi.

Kelompok berikutnya adalah pasukan Presiden Assad dan milisi pro rezim (1.100 orang), anggota ISIS sendiri yang desersi (400 orang) dan terakhir adalah kelompok oposisi, pasukan Kurdi, dan anggota Front al-Nusra (300 orang).(exe/ist)
0 Komentar