Minggu, 01 Mei 2016 10:25 WIB

Ribuan Buruh Surabaya Peringati May Day di Kantor Gubernur

Editor : A. Amir
SURABAYA, Tigapilarnews.com - Kurang lebih 4000 buruh gabungan dari seluruh aliansi buruh se-Jawa Timur menggelar peringatan hari buruh sedunia pada Minggu (1/5/2016) di kantor Gubernur Jawa Timur.

Koordinator aliansi buruh, Jamal mengatakan, bahwa para buruh akan mengajukan beberapa tuntutan, di antaranya pengesahan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perlindungan tenaga kerja di Jawa Timur

"Ini sudah menjadi janji Gubernur pada May Day pada tahun lalu dan hingga kini belum ditepati, jadi kami ingin menuntut DPRD Provinsi dan Gubernur agar berkomitmen" kata Jamal, Minggu (1/5/2016).

Selain itu, tuntutan buruh yang lain adalah menghapus sistem kerja kontrak dan outsourcing di swasta dan BUMN.
Para buruh juga menuntut terkait dengan upah layak, meminta agar upah minimum di Jawa Timur tahun 2017 nanti naik 30 persen.

Selain itu buruh juga meminta pemerintah waspada terhadap dampak MEA, menurut para buruh banyak tenaga asing yang datang dan menyerbu wilayah Jawa Timur.

"Rata-rata ini ilegal, ini harus ditindak tegas, pemerintah jangan tidur dan jangan mandul, jadi izin menggunakan tenaga kerja asing harus ditertibkan, jadi usir tenaga kerja asing di Jawa Timur," jelasnya.

Para buruh rencananya akan berkumpul terlebih dahulu di titik-titik simpul terutama di kawasan pabrik, dan langsung menuju ke tengah kota.
0 Komentar