Minggu, 01 Mei 2016 12:23 WIB

Rudal Rusia Hantam Target di Wilayah Arkhangelsk

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebuah kapal selam nuklir Rusia, Severodvinsk, menembakkan rudal Kalibr terbaru dalam manuver atau latihan di pesisir Arktik atau Kutub Utara. Rudal Kalibr melesat dari bawah perairan menghantam target.

Militer Rusia mengkonfirmasi manuver itu dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (30/04/2016). Menurut militer Rusia, awak kapal selam nuklir serbaguna terbaru dari Armada Utara, Project 885 Severodvinsk, berhasil meluncurkan rudal dari Laut Barents.

Rudal, lanjut militer Rusia, menghantam target di wilayah Arkhangelsk dengan akurasi yang tinggi. Penembakan rudal Kalibr ini dilakukan sebagai bagian dari latihan tempurangkatan laut di wilayah yang lebih luas.

Kementerian Pertahanan Rusia mencatat bahwa kapal selam Severodvinsk telah berlayar ke Laut Barents sejak awal pekan ini. Kapal selam itu telah melakukan sejumlah latihan lain dalam kerangka latihan musim dingin Armada Utara Rusia.


Rudal Kalibr sebelumnya telah diuji coba oleh Armada Kaspia selama latihan seminggu yang melibatkan sekitar 20 kapal dan ditutup pada hari Jumat.


Sekelompok armada tempur telah melakukan latihan penembakan dengan menggunakan target dari praktek angkatan laut dan berhasil menghantamnya,” lanjut pernyataan militer Rusia, seperti dikutip Russia Today.

Kapal dari Armada Kaspia pernah menembakkan rudal Kalibr untuk menghantam basis ISIS di Suriah pada 7 Oktober dan 20 November 2015. Rudal berbahaya itu melesat melintasi wilayah udara Iran sebelum menghantam basis ISIS di Suriah.

Sejak diluncurkan dalam perang melawan ISIS di Suriah, rudal Kalibr telah menjadi salah satu ancaman bagi keamanan AS.(exe/ist)
0 Komentar