Senin, 02 Mei 2016 14:15 WIB

DPR : Lewat Pendidikan Bisa Membangun Karakter

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menekankan pentingnya sistem pendidikan yang mencerahkan dan membangun karakter.

Demikian disampaikan Fadli memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2016.

"Kita membutuhkan pendidikan nasional yang mencerdaskan, mencerahkan, dan berorientasi pada pembangunan karakter," kata Fadli.

Menurutnya, pendidikanyang berorientasi pada pembangunan karakter akan melahirkan generasi anak Indonesia yang disiplin, mandiri, mampu kerjasama, dan tangguh menghadapi persaingan global.

Jelas Fadli, pendidikan jangan sampai dimaknai sebatas transfer pengetahuan. Tapi harus dimaknai secara paripurna, menyentuh aspek karakter, literasi, dan kompetensi.

"Saat ini dunia mengalami perubahan dalam skala eksponensial. Menghadapi ini, Indonesia butuh kualitas SDM yang unggul agar dapat bersaing dengan bangsa lain. SDM yang unggul bisa dilahirkan melalui sistem pendidikan yang unggul pula," ungkap Wakil Ketua Partai Gerindra ini.

Selain itu, lanjut Fadli, kita masih dihadapkan pada masalah dasar, yaitu infrastruktur. Di sejumlah daerah masih ada bangunan dan peralatan sekolah yang tidak layak, serta buku yang tidak lengkap.

Dia menambahkan, dengan alokasi dana 20 persen dari APBN (Rp 2.095 triliun pada tahun 2016), seharusnya pendidikan di Tanah Air sudah semakin maju.

"Pada kesempatan ini saya juga mengapresiasi kepada seluruh guru di Indonesia, atas jasa dan perannya yang sangat besar bagi pembangunan manusia Indonesia. Guru honorer harus diperhatikan nasibnya, harus ada kepastian status dan masa depan guru honorer," kata Fadli.
0 Komentar