Selasa, 03 Mei 2016 00:31 WIB

Lion Air Senggolan, Angkasa Pura Salahkan AirNav

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tidak hanya AirNav Indonesia, PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Soekarno-Hatta juga enggan disalahkan atas insiden senggogal dua pesawat Lion Air di bandara tersebut.

Alasannya, petugas Apron Movement Control (AMC) di Bandara Soekarno-Hatta telah selesai ketika pesawat tersebut sudah pushback (ditarik).

"Ketika sudah ditarik dengan towing, ya seketika itu sudah menjadi tanggung jawab AirNav," kata Public Relation Manager PT Angkasa Pura II, Haerul Anwar, Senin (02/05/2016).

Haerul juga menambahkan, bahwa AMC bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan pelayanan operasi penerbangan, dan pengawasan pergerakan pesawat udara. Kemudian, sambung dia, lalu lintas kendaraan, orang dan barang, kebersihan di sisi udara serta pencatatan data penerbangan dan penulisan laporan tugas.

"Semua pergerakan pesawat kalau belum berhenti atau blockoff  itu masih dalam kewenangan ATC atau AirNav, bukan AMC. Kami (PT Angkasa Pura 2) itu ketika pesawat bergerak sudah tidak ada komunikasi lagi dengan pilot," tuturnya.(exe/ist)
0 Komentar