Senin, 09 Mei 2016 15:52 WIB

Ahok Terinspirasi Walikota London

Editor : Danang Fajar
Laporan : Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Terpilihnya Sadiq Khan sebagai Walikota di London, Inggris, membuat para nitizen heboh. Hal itu karena Sadiq berasal dari kaum minoritas.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan dirinya terinspirasi oleh sosok Sadiq karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ayah Sadiq adalah seorang supir bus dan ibunya tukang jahit, dan masa kecilnya dihabiskan di sebuah rumah susun (rusun).

"Saya waktu baca terinspirasi. Ini sangat menginspirasi kita dengan terpilihnya Sadiq Khan jadi wali kota London. Anak sopir dan tukang jahit yg tinggal di rusun subsidi pemerintah," ujar Ahok usai kunjungam di MTSN 3 Jakarta, Jalan Pupen, Jakarta Selatan, Senin (9/5/2016) siang.

Rusun yang saat ini menjadi perbincangan hangat Ibukota karena di peruntukan bagi warga korban penertiban, sehingga dinilai oleh sekelompok orang tidak layak, dan diidentikan dengan pemukiman masyarakat miskin. Tapi, dengan munculnya Sadiq yang notabene berasal dari rusun, membuat Ahok yakin jika rusun juga merupakan tempat yang layak, asalkan ditata dengan baik.

"Bahwa orang yang disubsidi tinggal di rusun itu betul. Itu yang kita ikuti, membangun sebanyak mungkin rusun. London sudah lakukan. Siapa tahu ke depan anak rusun bisa jadi Walikota (seperti Sadiq), gubernur, bahkan presiden," ungkap Ahok.

Diketahui, untuk pertama kalinya Kota London, Inggris, memiliki wali kota seorang Muslim. Politisi Partai Buruh, Sadiq Khan, telah resmi terpilih sebagai wali kota London pada Sabtu, 7 Mei.

Sebagai salah satu pemimpin Muslim di dunia Barat, sosok Khan menjadi sorotan dunia. Apalagi di Kota London, hanya 12% penduduknya yang beragama Islam.
0 Komentar