Sabtu, 14 Mei 2016 01:15 WIB

16 Tewas Akibat Serangan ISIS di Irak Utara

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Berondongan tembakan dan serangan bom yang dilancarkan oleh kelompok ekstrimis ISIS mengguncang wilayah Irak utara dan menewaskan 16 orang. Serangan bersenjata ini terjadi satu hari setelah serentetan serangan bom di Baghdad yang menewaskan lebih dari 90 orang.

Dikutip dari laman Reuters, Jumat (13/05/2016), tiga orang pria bersenjata melepaskan tembakan dengan menggunakan senapan mesin di sebuah kafe di kota Balad. Setidaknya 12 orang tewas dan 25 lainnya luka-luka akibat serangan itu. Balad adalah kota yang didominasi kelompok Syiah.

Para pelaku kemudian melarikan diri dan beberapa jam kemudian salah satu dari mereka melakukan aksi bom bunuh diri dengan meledakkan rompi di tubuhnya. Aksi bom bunuh diri itu dilakukan setelah para penyerang terdesak dalam baku tembak dengan milisi Syiah dan polisi. Peristiwa itu terjadi di sebuah pasar dan menewaskan empat orang serta dua lainnya kritis.

Kantor berita Amaq, media yang mendukung ISIS, mengatakan tiga pelaku bom bunuh diri yang menargetkan milisi Syiah telah melakukan aksi mereka. "Mereka berhasil melewati tiga pos pemeriksaan polisi sebelum mencapai target mereka," ujar sumber polisi yang menolak identitasnya diungkap.

Sehari sebelumnya, tiga bom meledak di sejumlah wilayah di ibukota Baghdad. Serangan bom itu terjadi di Sadr City yang menewaskan 64 orang, Kadhimiya yang menewaskan 17 orang, dan di distrik Jamea, sebelah barat Baghdad, yang menewaskan 13 orang.(exe/ist)
0 Komentar