Sabtu, 14 Mei 2016 16:31 WIB

Pasca Pasar Ikan Digusur, Masjid Luar Batang Dipadati Peziarah

Editor : Hermawan
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Masjid Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara makin ramai dikunjungi warga yang berziarah pasca penggusuran kampung Akuarium, Pasar Ikan, beberapa waktu lalu.

Mereka berziarah ke makam Al-Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus yang berada di dalam masjid tersebut.

Sekretaris Masjid Luar Batang, Mansur Amin menjelaskan setelah penggusuran di kampung Akuarium dan Pasar Ikan, penziarah mulai ramai ke makam Abu Bakar Alaydrus di Masjid Luar Batang ini.

"Luar biasa, semenjak penggusuran Akuarium dan Pasar Ikan, peziarah semakin ramai yang ingin ziarah ke sini. Apalagi rencananya Pemprov DKI juga ingin menggusur di sekitar Luar Batang," jelas Mansur, Sabtu (14/5/2016) petang.

Mansur mengatakan setiap hari banyak peziarah datang berasal dari luar Jakarta. Mereka datang ke Masjid Keramat Luar Batang, selain untuk berziarah mereka juga melihat langsung perkampungan yang akan dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kebanyakan dari luar kota yah yang datang ke sini. Alhamdullilah, banyak yang masih peduli. Walaupun pasokan air bersih minim, peziarah setiap saat selalu berdatangan,” ujar Mansur.

Sementara itu, salah satu penjual Es Tung-Tung yang lama mangkal di halaman Masjid Luar Batang, Tayo (35), mengatakan tidak sedikit peziarah yang mengeluh air di sekitar masjid terasa sedikit asin.

"Iya, ada yang ngeluh air untuk berwudu asin, karena banyak yang datang kan antre ambil air wudu. Nah, para peziarah banyak yang pakai air sumur. Tapi kalau dari keran air ledengnya kan yang dibeli," ucap Tayo.

Walaupun air terasa asin, tapi tidak berbau. “Airnya agak lengket, tidak bau, tapi banyak yang pakai juga buat berwudu,” imbuh Tayo.

 

 
0 Komentar