Selasa, 17 Mei 2016 13:46 WIB

Bandara Juanda Over Load, Terminal III dan Runway Double Track Perlu Dibuka

Editor : A. Amir
SURABAYA, Tigapilarnews.com - Bandara Juanda Surabaya saat ini tengah overload. Lalu-lalang pesawat baik yang take off dan landing melebihi batas yang ditentukan. Sementara, jumlah penumpang yang memadati bandara internasional di Sedati, Sidoarjo itu sekitar 25 juta orang per tahun.

Menurut catatan petugas di bandara itu, setiap satu jam sudah ada 32 pergerakan pesawat. "Sesuai ketentuan, tidak boleh di bandara kami ini lebih dari 28 aktivitas penerbangan setiap satu jam," terang Manajer Operasi Bandara Juanda, Haruman, Selasa (17/6/2016).

Bandara Juanda memang makin dipadati penumpang. Terutama penumpang umrah saat ini makin membeludak. Selain penumpang domestik yang menjadikan moda transportasi udara sebagai pilihan yang masuk akal untuk keluar kota.

Karena saking padatnya penerbangan di bandara itu, begitu ada satu pesawat delay di salah satu maskapai akan memengaruhi jadwal penerbangan yang lain.

Seperti saat insiden pilot Lion mogok, puluhan ribu penumpang menumpuk di bandara tersebut. Ini lantaran di Bandara Juanda dengan dua terminal saat ini hanya ada satu runway.

Baik Terminal 1 (penerbangan domestik) dan Terminal 2 (penerbangan Garuda dan Internasional) hanya menggunakan satu runway. Panjang landasan pacu ini 3 KM.

"Solusinya tidak lain adalah mengembangkan bandara dengan membuka Terminal 3 Bandara Juanda. Akan ada dobel runway nantinya," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono.
0 Komentar