Rabu, 18 Mei 2016 23:52 WIB

Kehidupan di Wilayah Libya yang Diduduki ISIS Sangat Brutal

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Human Rights Watch (HRW) menyatakan, kehidupan di Sirte, wilayah Libya yang diduduki oleh ISIS, sangat brutal dan tidak jauh berbeda dengan kehidupan di luar benteng ISIS lainnya macam Raqqa (Suriah) dan Mosul (Irak).

HRW melaporkan, kelompok teroris itu telah mengalihkan seluruh makanan, obat-obatan, bahan bakar, dan uang tunai kepada anggotanya. Mereka menyita rumah dari warga yang mengungsi.

"Tidak ada sayuran atau daging. Kebanyakan toko-toko ditutup. Sementara itu Daesh (ISIS) hidup di rumah-rumah kami dan memiliki daging panggang," kata salah satu mantan warga Sirte kepada HRW dalam sebuah wawancara seperti disadur dari CNN, Rabu (18/5/2016).

ISIS juga menutup semua bank dan hanya satu yang beroperasi, itu pun hanya anggota kelompok tersebut yang dapat menggunakannya. Komunikasi dengan dunia luar hanya dapat dicapai melalui call center ISIS. ISIS juga menjarah dan menghancurkan rumah-rumah yang diduga sebagai tempat musuh.

"Ada mata-mata di setiap jalan," kata warga lain kepada kelompok kemanusiaan itu.

Menurut HRW, lebih dari dua pertiga dari 80.000 warga Sirte telah mengungsi. "Kami membutuhkan bantuan, kami tidak memiliki lebih banyak makanan atau perumahan untuk menjadi tuan rumah orang yang melarikan diri dari pertempuran," kata walikota dari kota terdekat Misrata, Mohamed Eshtewi.(exe/ist)

 
0 Komentar