Kamis, 19 Mei 2016 16:13 WIB

Hanura Sepakat Soeharto Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sekertaris Fraksi Hanura DPR Dadang Rusdiana mendukung wacana pemberian gelar pahlawan nasional terhadap mantan Presiden Soeharto.

Usulan pemberian gelar pahlawan nasional terhadap Soeharto itu muncul dalam rekomendasi Munaslub Partai Golkar beberapa waktu lalu.

"Saya pribadi sepakat. Kita harus jujur terlepas Soeharto punya kekurangan tapi mesti diingat sebagai bangsa besar kita harus menghargai nilai lebih yang diberikan pemimpin kita," kata Dadang di Gedung DPR, Kamis (19/5/2016).

Bahkan, lanjut dia, semua pemimpin bangsa yang berkontribusi untuk Tanah Air mulai dari Presiden pertama Soekarno hingga Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) perlu diberi penghargaan sebagai pahlawan.

"Semua harus diakui kontribusi besarnya. Apalagi Pak Harto 32 tahun. Sampai sekarang kita saja rindu GBHN. Apakah itu bukan pengakuan terhadap beliau. Bagaimana Soeharto mengelola negara dengan baik, dengan perecanaan terukur," ujar dia.

Anggota komisi X DPR menilai permintaan untuk menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional tidaklah berlebihan. Karena, hal tersebut sebagai pengajaran kepada bangsa supaya menghargai jasa para pendahulu.

"Kita sepakat beri gelar itu. Terlepas Soeharto melakukan penindasan dan menutup ruang demokrasi itu adalah ijtihad politik Soeharto. Karena pada waktu itu Soherto butuh pengendalian stabilitas politik. Kalau sekarang baru tidak tepat. Sekarang waktunya pematangan demokrasi," sebutnya.

"Apalagi Ketum (Hanura) Wiranto ngerti benar siapa Soeharto. Kita dukung Soeharto jadi pahlawan nasional dengan sepenuh hati," ungkap dia
0 Komentar