Rabu, 25 Mei 2016 05:25 WIB

Virus Zika Buat McIlroy Khawatir Tampil di Olimpiade

Editor : Yusuf Ibrahim
 

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ancaman virus zika tampaknya jadi momok serius untuk kontingen peserta Olimpiade.

Mantan pegolf nomor satu dunia, Rory McIlroy, mengaku kepikiran soal wabah endemik yang berasal dari gigitan nyamuk itu.

Olimpiade 2016 bakal berlangsung di Rio de Janeiro, 5-21 Agustus 2016 mendatang. Namun pesta olahraga dunia itu sedang menghadapi masalah pelik yakni penyebaran virus zika di Brasil.

Penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk itu bisa menyebabkan bayi atau kandungan bermasalah. Efeknya, bayi akan mengalami microchepally atau bentuk kepala mengecil permanen.

Tak ayal, wabah itu membuat McIlroy khawatir. Meski bertekad bisa mendulang emas di Negeri Samba, ancaman virus zika membuat pegolf yang sempat bertahan di peringkat pertama selama 95 minggu tersebut bakal berpikir masak-masak untuk tampil di Olimpiade.

"Karena semakin dekat, saya sedang menikmati berpikir akan ke sana dan bersaing merebut medali emas. Tapi saya juga sudah banyak baca laporan soal Zika dan ada beberapa artikel yang mengatakan itu bisa jadi lebih buruk yang dibayangkan," akunya dikutip Golf365, Selasa (24/05/2016).

"Saya akan mendapatkan suntikan pada hari Rabu (dua hari sebelum Olimpiade bergulir). Setidaknya saya akan diimunisasi untuk apa pun, jika saya digigit oleh nyamuk di sana," tegasnya.

Kekhawatiran McIlroy jelas wajar mengingat sudah ada beberapa pegolf yang menyatakan tidak akan tampil di Olimpiade. Juara tiga kali turnamen utama Vijay Singh dan pegolf asal Australia Marc Leishman sudah menyatakan absen di pesta olahraga empat tahunan itu.

Tak cuma McIlroy, beberapa negara yang bakal mengirimkan peserta juga menjadikan ancaman virus zika sebagai perhatiannya. Terakhir Korea Selatan yang meluncurkan seragam anti-nyamuk agar para atletnya bisa aman dari gigitan nyamuk.(exe/ist)
0 Komentar