Kamis, 26 Mei 2016 13:54 WIB

Jakarta Barat Bakal Terbebas dari Kawasan Remang

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 50.000 lebih lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di delapan kecamatan se-Jakarta Barat akan diganti menggunakan smart light emitting diode (LED) pada 2017.

Hal itu disampaikan Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Barat Saukani Anto, pada Kamis (26/5). "Pergantian puluhan ribu lampu PJU ini sudah masuk dalam program rencana pembangunan tahun 2017," katanya.

Dengan menggunakan lampu jenis itu, Saukani mengataan, ada sejumlah keuntungan yang bisa diraih.  Antara lain, menurut Saukani, terkait kualitas pencahayaan.

"Walaupun daya lampu LED hanya 40 watt, pencahayaan yang dikeluarkan lebih terang dibandingkan lampu konvensional ukuran 70 watt," ungkapnya.

Selain itu, Saukani mengungkapkan, selama lima tahun sejak pemasangan LED, maka tidak diperlukan lagi adanya pengeluaran anggaran untuk pemeliharan. "Sebab, distributor lampu memberikan jaminan," katanya.

Lebih lanjut, Saukani membeberkan, pihaknya juga akan dibangun ruang kontrol smart system yang berada di kantor sudin maupun di Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta.

"Ruang kontrol sangat membantu untuk mengetahui terjadinya pemadaman maupun kerusakan, sehingga petugas langsung dapat melakukan perbaikan," tandasnya.

Terkait seluruh rencana itu, Saukani mengatakan, jika ada masyarakat melaporkan padamnya lampu PJU, pihaknya tetap akan meresponsnya.

"Tapi perbaikan lampu pada saat ini bersifat sementara, karena tahun depan dipastikan seluruh lampu PJU konvensional di Jakarta Barat akan diganti menjadi LED," ujarnya.
0 Komentar