Jumat, 27 Mei 2016 22:15 WIB

Replay Piala FA Dihapuskan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perhelatan Piala FA 2016/2017 akan berbeda dari sebelumnya.

Mulai musim depan, kompetisi tertua di Inggris tersebut menghapus sistem replay di babak perempat final. Keputusan ini diambil Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk mengembalikan pamor Piala FA. Selama beberapa tahun terakhir, kompetisi itu terus kehilangan auranya lantaran tim peserta kurang mementingkannya.

Para peserta biasanya menurunkan pemain pelapis supaya anggota tim inti tidak kelelahan. Itu terkait padatnya jadwal pertandingan. Apalagi, bila laga berakhir imbang yang berujung partai ulangan. Itu bisa menambah kesibukan para pemain.

Karena itulah, pada rapat yang digelar Kamis (26/05/2016) sore waktu setempat, FA menghapus sistem replay di perempat final. Ini diharapkan bisa menciptakan drama atau menambah keseruan di ajang Piala FA. Sebab, bila replay dihapus di fase itu, akan “memaksa” pelatih menurunkan squad terbaiknya.

“Kami sangat menghargai tradisi dan sejarah. Perkembangan baru ini akan membantu mengembalikan lagi status Piala FA sebagai kompetisi besar.  Sebagai bagian untuk mereview Piala FA, format sudden-death di babak perempat final sudah disetujui dewan FA. Dan, akan diperkenalkan pada 17 Maret,” jelas FA, dilansir sky sport.

Dengan terbitnya peraturan ini, Manchester United (MU) dan West Ham United menjadi klub terakhir yang merasakan partai replay di perempat final. Saat Piala FA 2015/2016, keduanya bertanding dua kali, dimana yang pertama berksudahan 1-1, dan selanjutnya  dimenangkan MU 1-0. (exe/ist)
0 Komentar