Selasa, 31 Mei 2016 22:55 WIB

Kemenpora Anggarkan Rp 21 Miliar untuk Kader Anti-Narkoba

Editor : Yusuf Ibrahim


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Staf Khusus Menpora Bidang Pemuda, Zainul Munasichin, bersama Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda, Mulyadi Adnan didampingi Kepala Biro Humas dan Hukum, Amar Ahmad, menjelaskan program Pemuda Anti-Narkoba, di Media Center, Kemenpora, Jakarta, Selasa (31/05/2016) sore.


Program ini merupakan salah satu unggulan bidang kepemudaan yang akan dilakukan di tahun 2016. Untuk tahap awal, program ini akan digelar di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa  Tengah dan  Jawa Timur.


 “Anggaran sebesar Rp21 miliar, telah dianggarkan tahun ini untuk menghasilkan sebanyak 39.000 Kader Pemuda Anti-Narkoba di 1500 desa, di 30 kabupaten," kata Zainul.


Tugas utama sebagai Kader Anti-Narkoba ini adalah melakukan sosialisasi bahaya Narkoba, membuat peta rawan Narkoba dan membentuk Satgas Pemuda Anti-Narkoba di desa. "Nantinya, Kemenpora akan mendorong sinergi lebih besar lagi dengan BNN untuk memperluas jangkauan pelaksanaan program ini di provinsi lain, di Indonesia,” jelasnya.


Program ini juga diharapkan dapat mengimplementasikan konsep Nawacita Presiden Joko Widodo yang menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat dan melakukan pemberdayaan yang dimulai dari desa dan wilayah pinggiran.


Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda, Mulyadi Adnan menjelaskan tahap pertama kegiatan Pelatihan dan Pengukuhan Kader Pemuda Anti-Narkoba akan dilakukan di kota Bandung, Jawa Barat.


Beragam kegiatan untuk sosialiasi dan edukasi mengenai bahaya Narkoba dari tinjauan kesehatan, spiritual maupun akademis, hingga pelatihan bagaimana menjadi komunikator handal akan diberikan kepada anak-anak muda terpilih yang proses seleksinya telah dimulai sejak pertengahan Mei lalu.


“Tanggal 2 dan 3 Juni ini akan dilakukan bagi 500 Kader Anti-Narkoba, dengan mendatangkan narasumber dan tim ahli yang berasal dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan juga internal Kemenpora,” jelas Mulyadi.


Selesai pelatihan, para peserta akan dikukuhkan langsung sebagai Kader Pemuda Anti-Narkoba oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Pengukuhan akan dilakukan di Kantor Gubernur, Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.(exe/ist)


0 Komentar