Rabu, 01 Juni 2016 17:30 WIB

1 Juta PNS Dirumahkan, DPR: Pemerintah Harus Pikirkan dengan Matang

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pimpinan DPR memina kepada KemenPANRB untuk memikirkan dengan matang terkait rencana akan merumahkan 1 juta PNS.

"Harus dipikir matang. APBN juga kerja lapisan masyarakat. Kerja pemerintah cukup kan apa yang ada. Jangan yang ada dikurangi untuk dicukupkan. APBN tidak bisa sifatnya mati, APBN menyesuaikan," ujar Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Gedung DPR, Rabu, (1/6/2016).

Ia menyebutkan, merumahkan 1 juta PNS ini akan berdampak buruk bagi kesejahteraan masyarakat. Harusnya, kata Agus, pemerintah lebih memperhatikan aspek lain, seperti rekrutmen yang baik.

"Masalah kebutuhan juga perlu diperhatikan. Rekrutmen tidak boleh over. Tapi jangan semena-mena ini dibuang. PNS barangkali satu orang. Tapi kan banyak menghidupi keluarga. Kalau satu ditelantarkan, keluarga ditelantarkan. Apalagi 1 juta?" papar politikus Demokrat.

Bagi Agus, harus dipikirkan lebih matang soal nasib dari 1 juta PNS yang rencananya akan dirumahkan.

"Kita betul harus firm, tapi hasilkan berapa, jelas ukuran asalnya dari mana. Bagaimana juga perlindungan HAM-nya. Bagaimana masalah good governance-nya," tandas dia.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Yuddy Chrisnandi menyampaikan gagasan merumahkan 1 juta PNS itu untuk efisensi anggaran. Hal ini dibahas pada Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

"Ini kan 1 juta angka simulasi belum angka fix. Kenapa 1 juta untuk mengurangi beban keuangan negara atas belanja rutin pemerintah yang sudah 33,8 persen," ujar Yuddy.
0 Komentar