Jumat, 03 Juni 2016 01:23 WIB

Pasukan Kurdi Amankan Surat Rahasia Petinggi ISIS

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pasukan Peshmerga Kurdi, Irak berhasil mengamankan pesan rahasia pemimpin ISIS yang ditujukan untuk pemimpin tingkat tinggi ISIS di Provinsi Nineveh, Irak.

Dalam surat rahasia itu, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memerintahkan pasukan ISIS untuk menarik diri dari daerah-daerah tertentu di Irak. Rencana selanjutnya adalah menjadikan Libya sebagai benteng utama kelompok ekstrimis itu.

"Pasukan keamanan menemukan sebuah surat dari al-Baghdadi yang ditujukan kepada pimpinan ISIS di Sinjar. Surat itu memerintahkan mereka untuk menarik keluar artileri berat dari Mosul dan mengangkutnya ke posisi dekat perbatasan Irak dengan Suriah," kata pembantu Presiden Kurdistan Irak, Wahid Bakouzi.

"Surat itu juga memerintahkan penarikan pasukan dari beberapa daerah, karena penduduk setempat tidak bersedia mengorbankan dirinya untuk ISIS," kata Bakouzi lagi, seperti dikutip dari Al Araby, Kamis (02/06/2016).

Dia menambahkan, pesan itu juga mengatakan bahwa pasukan ISIS bisa segera pindah ke Libya. Belum lama ini, ratusan anggota ISIS telah berdatangan ke Libya sebagai bagian dari startegi kelompok ekstrimis itu memperluas pengaruhnya.

Meski begitu, kebenaran dari surat rahasia al-Baghdadi ini belum bisa diverifikasi.(exe/ist)
0 Komentar