Jumat, 03 Juni 2016 05:11 WIB

Harga Daging Sapi Dijamin Turun

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, menyatakan dengan datangnya daging sapi impor dari negara lain ke Indonesia, maka harga daging sapi yang saat ini melambung bisa turun harganya.

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri kali ini, pemerintah membuka impor daging sapi lebih luas ketimbang tahun sebelumnya.

Thomas menambahkan, pihaknya memastikan puluhan ribu ton daging sapi yang dibutuhkan masyarakat segera tiba. Sehingga bisa cepat dijual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dengan koordinasi dari Kementerian BUMN dan Kementan, pasokan daging sapi impor ini akan lebih dari cukup dan harga dipastikan bisa turun di domestik," kata Thomas di Jakarta, Kamis (02/06/2016).

Hanya saja, saat ditanya mengenai kesiapan pemerintah menekan harga daging sapi di kisaran Rp80.000 per kg, Thomas berujar pemerintah akan berupaya maksimal. "Pemerintah tentunya akan berupaya semaksimal mungkin. Yang jelas kami sudah mulai bergerak," kata dia.

Kendati melakukan impor dan berupaya menekan harga, alumnus Universitas Harvard, Amerika Serikat, ini mengatakan pemerintah selalu menempatkan pelbagai isu pada masing-masing tempatnya. Di satu sisi, impor untuk menjaga stok dan supaya Indonesia memiliki amunisi untuk mengguyur pasar bila bergejolak.

Selain itu, Kementan dan BUMN menerapkan HPP (harga pokok penjualan) untuk produsen, yaitu petani dan peternak. “Sehingga siapa saja, baik peternak maupun petani, produksinya terjamin oleh Bulog. Enggak perlu takut,” pungkasnya.(exe/ist)
0 Komentar